Bahasa Inggris Binis 2 #Tugas-1 - MediaAndika - Portal Media Online Berbagi Informasi

MediaAndika - Portal Media Online Berbagi Informasi

Sumber referensi berita technology, software yang terbaru, games yang terbaru, tips dan trik.

Berita Terkini

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Bahasa Inggris Binis 2 #Tugas-1

Share This
  • SIMPLE PRESENT TENSE
Simple present temse (Waktu Sekarang Sederhana) menjelaskan peristiwa yang terjadi di waktu sekarang dalam bentuk sederhana atau suatu pekerjaan/perbuatan yang di lakukan berulang ulang, atau kebiasaan sehari-hari, atau peristiwa yang tidak ada kaitanya dengan waktu.


a) Dipakai untuk menyatakan perbuatan yang dilakukan karena kebiasaan.Misalnya :
  • - I go to school every day.
  • - He ussualy eats an egg for breakfast.

b) Dipakai untuk menyatakan kebenaran umum yang tidak dapat di bantah, Misalnya :
  • - A week has seven day.
  • - The sun rises in the east.
  • - The sun shines by day, and the moon by night.
Catatan :
Jika pokok kalimatnya orang ketiga (he, she, it). Maka bentuk dasar kata kerja akan mengalami perubahan

a) Pada umumnya berbentuk dasar kata kerja (infinitif) ditambah –s, Misalnya :
  • - To speak speaks = Berbicara
  • - To help helps = Membantu
b) Pada umumnya berbentuk dasar kata kerja (vokal) o ditambah –es, Misalnya :
  • - To do does = berbuat
  • - To go goes = pergi
Contoh / Example :
  1. She always washes her face before going to bed.(dia selalu mencuci mukanya sebelum tidur)
  2. Sun rises from the east, and sets on the west every day.(matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat setiap hari)
  3. Cheeta is the fastest animal in the world.(Cheeta adalah binatang tercepat di dunia)
  4. I get scholarship, unless I can’t study abroad since I don’t have enough money.(aku dapat beasiswa, jika tidak aku tidak bisa kuliah keluar negeri karena aku tidak punya uang)
  5. I don’t know why you make me cry. (Aku tidak tahu mengapa kamu membuatku menangis)

  • SIMPLE PRESENT CONTINUOS TENSE
Simple Present Continuos Tense ( Waktu Berlangsung Sekarang ) menerangkan suatu pebuatan yang sedang berlangsung pada waktu sekarang

Untuk semua pokok kalimat baik jamak maupun tunggal

a) Dipakai untuk menyatakan perbuatan yang sedang berlangsung, Misalnya :
  • They are studying English Now (Mereka sedang mempelajari Bahasa inggris sekarang.)
b) Dipakai untuk menyatakan perbuatan yang bersifat sementara, Misalnya :
  • She is reading now but she will write soon.(Ia sedang membaca sekarang tetapi ia akan segera menulis)
c) Dipakai untuk menyatakan perbuatan yang dimaksud waktu yang akan dating, Misalnya :
  • We are writing again in a few weeks (Kami akan mengirimkan surat lagi dalam beberapa minggu)
Kekecualian :
Tidak semua kata kerja boleh dipakai dalam bentu Present Continious Tense walaupun kalimatnya diucapkan ketika peristiwa sedang berlangsung.
Ada sekelompok penting kata kerja yang biasanya tidak digunakan dalam present continuous

a) Verbs of emotion, kata” kerja yang menyatakan perasaan : to like, to dislike, to refuse, to want dan sebagainya, Misalnya :
  • I Like Mr. Brown = Saya suka pada Tn.Brown (Bukan: I am liking Mr.Brown)
  • I dislike classical music, so i refuse to listen to it  = Saya tidak menyukain musik klasik, maka saya menolak untuk mendengarkanya (Bukan : I am disliking classical mussic, so i am refusing  to listen to it)
b) Verbs of the senses, kata-kata kerja yang menyatakan hal yang berhubungan dengan pancaindra : to feel, to hear, to see, to smell, to taste dan sebagainya
  • I feel heavy in the head - Saya Merasa Pusing
  • I hear something - Saya Mendengar sesuatu 
  • I smell something burning - Saya mencium sesuatu yang terbakar
c) Verbs of thought or opinion, kata kata kerja yang menyatakan pikiran atau pendapat : to believe, to expect, to forget, to know, to understand, to know, to prefer dan sebagainya , Misalnya
  • I believe your word - Saya percaya akan perkataan anda
  • I Expect to receive a latter soon - Saya mengharapkan segera menerima surat
  • I forget what she said - Saya lupa apa yang dikatakanya
Catatan :
To think disini digunakan dalam pengertian "mengira" atau "berpendapat"

Bilamana digunakan dalam arti "Memikirkan", "To Think" boleh dipakai dalam bentuk Present Continous ( Atau Present Progressive)., Misalnya :
  • I am thinking abaout the problem (Saya sedang memikirkan perosoalan ini)
Contoh / Example :
  • Contoh Kalimat Positif

  1. I am reading a book at the moment. (Saya sedang membaca buku saat ini)
  2. She is washing her hair now. (Dia (cewek) sedang mencuci rambutnya sekarang)
  3. They are playing basket ball right now. (Mereka sedang bermain bola basket sekarang ini juga)
  4. He is writing a novel. (Dia (cowok) sedang menulis novel)
  5. We are baking some bread. (Kami sedang memanggang roti). 
  • Contoh Kalimat Negatif

  1. She is not wearing a seat belt. (Dia (cewek) tidak sedang mengenakan sabuk pengaman).
  2. They are not listening to you. (Mereka tidak sedang menyimak kamu).
  3. He is not yelling at me. (Dia (cowok) tidak sedang teriak dengan saya).
  4. We are not either whispering or speaking. (Kami tidak sedang berbisik atau berbicara).
  5. I am not smoking. (Saya tidak sedang merokok).
  • Contoh Kalimat Interogatif

  1. Are you eating my chocolate? (Apakah kamu sedang makan coklat saya?
  2. Is she taking a bath now? (Apakah dia (cewek) sedang mandi sekarang?
  3. Are they watching soccer at the moment? (Apakah mereka sedang menonton pertandingan sepak bola saat ini?
  4. Is he watering the flower? (Apakah dia (cowok) sedang menyiram bunga?
  5. Are we talking about sport or health? (Apakah kita sedang membicarakan tentang olahraga atau kesehatan?)

  • SIMPLE PAST TENSE
Simple past tense (Waktu Lampau Sederhana) menerangkan peristiwa yang terjadi, atau tindakan kegiatan, perbuatan dan/atau pekerjaaan yang dilakukan pada waktu lampau dalam bentuk sederhana dan diketahui pula waktu terjadinya peristiwa atau pekerjaan yang dilakukan itu.

Dipakai unutk menyatakan perbuatan yang selesai dilakukan pada waktu lampau
  • I saw a good film last night. - Saya Menonton Film yang baik tadi malam
  • He want to malang last week - Ia pergi ke malang minggu yang lalu
  • She cam here yesterday - Ia datang kesini kemarin
Catatan :
Untuk Memudahkan mempelajari susunan kalimat dalam bentuk lampau, hafalkanlah kata kata kerja yang tak beraturan (irregular verbs)

Contoh / Example :
  • Contoh kalimat positif:
  1. I went to Jogjakarta with my friends last week. (Saya pergi ke Jogjakarta bersama teman – teman saya minggu lalu).
  2. Dion won the speech contest in his school two days ago. (Dion memenangkan kontes pidato di sekolahnya dua hari yang lalu).
  3. Sinta and Sindi were at the school library yesterday afternoon. (Sinta dan Sindi berada di perpustakaan sekolah kemarin siang).
  4. He sent a letter to his friends last Sunday. (Dia mengirim sebuah surat kepada temannya Minggu lalu).
  5. My mother cooked fried rice for my birthday party last month. (Ibu saya memasak nasi goreng untuk pesta ulang tahun saya bulan lalu).
  • Contoh kalimat negatif:
  1. Our futsal team did not join the futsal tournament because we didn’t have enough money. (Tim futsal kami tidak mengikuti turnamen futsal karena kami tidak memiliki cukup uang).
  2. Karina did not get what she expected from the seminar last week. (Karina tidak mendapat apa yang dia harapkan dari seminar minggu lalu).
  3. He did not come to school yesterday because he was sick. (Dia tidak datang ke sekolah kemarin karena dia sakit).
  4. You did not pay the tax last year. (Kamu tidak membayar pajak tahun lalu).
  5. I was not at home when he came last night. (Saya tidak berada di rumah ketika kamu datang tadi malam). 
  • Contoh kalimat interogatif:

  1. What did you buy last Sunday? (Apakah yang kamu beli Minggu lalu?).
  2. Were you at Andi’s house yesterday? (Apakah kamu berada di rumah Andi kemarin?).
  3. Where Did Doni go last week? (Kemana Doni pergi minggu lalu?).
  4. Did they do the Math exam two days ago? (Apakah mereka mengerjakan ulangan Matematika dua hari yang lalu?).
  5. Was she fat? (Apakah dia dulu gemuk?).

  • SIMPLE PAST CONTINOUS TENSE
Past Continous Tense (Waktu Berlangsung Lampau) menyatakan peristiwa atau perbuatan yang sedang berlangsung pada waktu lampau pada saat persitiwa yang lain terjadi atau perbuatan yang lain dilakukan

a) Menyatakan perbuatan yang sudang dimulai dan masih berlangsung ketikan perbuatan lain menyusul pada waktu lampau, Misalnya :
  • While i was bathing in the river i heard a fearful cry - Ketika aku sedang mandi di sungai itu kudengar heritan yang menakutkan
  • When you called me, i was listening to the radio = Ketika anda menelepon saya, saya sedang mendengarkan radio
b) Menyatakan perbuatan yang sedang terjadi oada waktu lampau
  • He was watching television all afternoon yesterday = Ia sedang memirsa telivisi sepanjang sore kemaren
Contoh / Example :
  1. Were you studying when I entered your room? (Apakah kamu sedang belajar ketika saya masuk keruanganmu?).
  2. Was Ami going to the school by bus when I met her yesterday? (Apakah Ami sedang pergi ke sekolah dengan bis ketika saya bertemu dengannya kemarin?).
  3. My father and mother were not watering the plants while I was sweeping in the garden. (Ayah dan Ibu saya tidak sedang menyiram tanaman ketika saya sedang menyapu di kebun).
  4. I was drinking a cup of coffee when it began to rain. (Saya sedang meminum secangkir kopi ketika hujan mulai turun).
  5. He was not washing his car when I came to his house. (Dia tidak sedang mencuci mobilnya ketika saya datang kerumahnya).
  6. Were Tio and Toni playing guitar while Dimas was playing violin? (Apakah Tio dan Toni sedang bermain gitar ketika Dimas sedang bermain Biola?).

Sumber : 

Buku :
Accurate, Brief and Clear
ENGLISH GRAMMAR
Penulis :
Drs. JOHN SURJADI HARTANO
Drs. S, KOETJRO
Drs. MANAF ASMORO SEPUTRO
BUKU FISIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages